BismiLlahi-lrahmani-lrahiym
Semoga lahan penjelajahan dan pencerahan pemikiran ini bermanfaat bagi setiap pengguna dalam menuntun proses perubahan hidupnya bertahap menuju tahapan yang lebih baik dari hari-hari yang ditinggalkan, insya Allah :
إِلَّا أَن يَشَاءَ اللَّهُ وَاذْكُر رَّبَّكَ إِذَا نَسِيتَ وَقُلْ عَسَىٰ أَن يَهْدِيَنِ رَبِّي لِأَقْرَبَ مِنْ هَٰذَا رَشَدًا
Kecuali (dengan menyebut) : Insya Allah ~ Dan ingatlah kepada Rabb-mu jika kamu lupa dan katakanlah:
Mudah-mudahan Rabb-ku akan memberiku petunjuk kepada yang lebih dekat kebenarannya dari pada ini.
‘Asa an yahdiyani Rabbiy li aqraba min hadza rasyadann ~
Mudah-mudahan Rabbku akan memberiku petunjuk ke (arah) yang lebih dekat kebenarannya daripada ini
[ Qs.18/24 ]
Bersyukur kepada Allah Yang maha’aliym.
AlhamduliLlah, kini kita berada dalam suasana alih tehnologi di bidang komunikasi sebagai misal computer merupakan alat elektronik yg bisa mengolah data secara cermat dan akurat, efisien dan efektif, berperan sebagai media komunikasi jarak-jauh (jaringan non-kabel) untuk mentransfer beragam data dan informasi sehingga menghemat waktu dan beaya operasionalnya bagi konsumen yang mempergunakan jasanya.
Inilah kesempatan emas, menerapkan kemajuan tehnologi canggih agar bermanfaat bagi kemanusiaan.
Untuk melaksanakan program da’wah – dari pengolahan konsep yg diperlukan, berikut penyimpanan data dan informasinya hingga kemudian distribusi/sharing ke orang seorang hingga penyebaran luas ke tengah masyarakat agar diketahui dan difahami dengan segala kemudahannya, maka computer dengan hardware & software-nya akan melaksanakan dgn seksama dan sebaik-baiknya sesuai dgn perintah yang kita berikan.
Dengan demikian, sejujurnya, qawm muslimin yang terkepung oleh kemunduran dan keterbelakangannya kini ‘menemukan’ dan telah menguasainya (atas kehendak Allah Yang maha’aliym), seperangkat lengkap peralatan pintar yang canggih itu untuk mendukung secara potensial di bidang komunikasi dan informasi akan gagasan dan niat kebangkitan kembali merebut ‘izzah (gezag) dan keunggulannya di fihak Islam wa-lmuslimiyn lewat peningkatan ilmupengetahuan dan wawasan masadepannya, baik bagi kebutuhan sendiri (internal) maupun eksternal dalam hal menghadapi kezhaliman & terorisme Barat di muka bumi.
وَالْعَصْرِ إِنَّ الْإِنسَانَ لَفِي خُسْرٍ إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ
Demi masa ! Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan saling menyampaikan pesan kebenaran dan pesan keshabaran. (Qs.103/1,2,3)

Demikianlah, dengan dasar perintah ‘wa tawa shawbi-lhaqqi wa tawa shawbi-lshabr’ kita bisa melangkah melaksanakan kewajiban saling menyampaikan informasi/pesan-pesan kebenaran dan keshabaran ke seluruh wilayah (setiap alamat) dgn cepat dan hemat, efisien dan efektif lewat tehnologi computer yang sudah merata ke seluruh dunia tergantung penggunanya.
Namun, kebanyakan kita belum memanfaatkannya dengan baik dan maksimal untuk kepentingan silatu-lrahmi sekaligus berda’wah baik aktif maupun pasif di antara qawmmuslimiyn. Padahal, melaksanakan da’wah, menyeru manusia agar memasuki Islam dengan cara-cara yang mudah, benar dan utuh (kaffah) adalah amanah dan tugas kewajiban kita semua tanpa kecuali untuk melaksanakannya menurut daya dan kemampuan kita masing-masing.
ادْعُ إِلَىٰ سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُم بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَن ضَلَّ عَن سَبِيلِهِ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ
Serulah (manusia) kepada jalan Rabb-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. Sesungguhnya Rabb-mu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk. (Qs.16/125)
Semoga Allah subhanaHu wa ta’ala memberi kekuatan kepada kita semua, dan memberkatinya ~ Amiyn.

Serialnass ~ anass muhammad
Update Syawal 1432 H 2011.